Mengapa banyak trader dan investor yang tidak berhasil mencapai tujuannya saat bertransaksi di pasar keuangan?

Dari berbagai riset yang pernah dilakukan, hal ini berkaitan dengan buruknya pengelolaan keuangan.

Masih banyak retail trader dan investor yang belum memiliki metode pengelolaan keuangan yang tepat.

Jangan hanya berfokus pada pengembangan strategi, indikator, analisa teknikal ataupun fundamental. Tanpa disertai pengelolaan keuangan yang tepat anda tidak akan bisa mencapai winning trades secara konsisten.

 

The bottom line is that money management will make or break you as a trader. This is a widely accepted fact. Proper money management rules have been proven over long periods of time and are not secrets to anyone.

 

Ilustrasinya seperti ini…

Trader A mampu mengembangkan strategi trading yang secara statistik memiliki prosentase winning trades atau strike rate sebesar 80%.

Sedangkan trader B dengan strategi dan metode yang sama digunakan oleh trader A, secara statistik memiliki strike rate di bawah trader A, katakanlah sebesar 30%.

Namun dalam perjalanannya, trader A menghasilkan keuntungan minus, sedangkan trader B mampu menghasilkan keuntungan positif secara konsisten.

 

Mengapa bisa demikian?

Supaya lebih jelas perhatikan chart dibawah ini. Ini adalah performa trading trader A. Initial capital atau modal awal yang digunakan sebesar $20.000.

Dari 10 kali transaksi, trader A menghasilkan 8 kali keuntungan dan 2 kali kerugian.

Namun, 2 kali transaksi rugi inilah secara signifikan menghabiskan modal trader A. Kasus seperti ini seringkali terjadi pada banyak trader.

100trades tradeworks

 

Trader yang mampu mengembangkan strategi dengan prosentase strike rate 80% mungkin akan mengalami kerugian yang signifikan, jauh lebih besar dari semua keuntungan yang mereka capai.

Sedangkan trader yang menyadari keuntungan 30% dari keseluruhan transaksi, mampu menghasilkan keuntungan positif dan konsisten. Trader tipe ini mampu mengelola kerugian mereka dalam batas wajar.

 

Mari kita telusuri lebih jauh….

Tabel (hipotesis) berikut ini, gambaran dari hasil 200 kali transaksi.

 

200 kali transaksi tradeworks

Penjelasan Tabel:

Kolom pertama adalah strike rate atau prosentase dari winning trades (10%-100%). Dua kolom berikutnya adalah jumlah transaksi untung dan transaksi rugi.

Untuk mengukur performa trading anda menggunakan “R”. Simbol R ini menggambarkan 1 unit risiko. Jumlahnya atau nominalnya berbeda-beda untuk setiap trader, bisa $100, $1000 atau berapa pun. Untuk setiap transaksi anda harus siap kehilangan satu unit R.

Kolom ke empat adalah bagian yang terpenting dari tabel diatas. Kolom empat merepresentasikan Reward / Risk situation.

Sebagai gambarannya,

  • Rasio Reward / Risk 3:1 (rasio positif). Ini berarti kita siap untuk kehilangan 50 pips (risiko) untuk mendapatkan keuntungan sebesar 150 pips.
  • Sedangkan rasio Reward / Risk 1: 2 (rasio negatif) adalah situasi di mana kita mengorbankan risiko 50 pips hanya untuk membuat keuntungan 25 pips.

Tabel diatas hanya ingin memberikan illustrasi bahwa strike rate sebesar 80% persen tidak relevan dengan imbal hasil (return) jika dikaitkan dengan faktor risiko.

Konsep ini dikembangkan oleh Dr. Van Tharp yang dijelaskan di bukunya yang berjudul ‘Trade Your Way to Financial Freedom’.

 

tradeworks otomatisasi trading mudah

 

Money Management dengan Aplikasi Tradeworks

Manajemen keuangan tidak dapat dipisahkan dari strategi trading, bahkan bagi trader yang berpengalaman hal ini merupakan bagian terpenting dari seluruh komponen strategi yang ada.

Karena pengaturan realisasi jumlah kerugian dan keuntungan terletak pada pengaturan ini.

Selain mencakup stop loss dan take profit yang telah umum ada pada strategi trading, pengaturan lain seperti jumlah lot dan strategi lainnya yang lebih lengkap juga harus ditentukan untuk menjaga konsistensi trading jangka panjang.

Dalam artikel ini kami ingin mengulas Manajemen Keuangan dengan menggunakan teknologi keuangan Tradeworks.

Penjelasan Tradeworks dapat dilihat pada artikel ini:

Otomatisasi Trading Menjadi Lebih Mudah dengan Tradeworks

Manajemen keuangan pada strategi trading dapat dilakukan secara otomatis melalui platform Tradeworks.

Tradeworks adalah teknologi keuangan (Algo Trading) berbasis aplikasi yang ditujukan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi trading dan di saat yang sama turut memperkecil keterlibatan emosi dalam mengambil keputusan.

Pengaturan manajemen keuangan ini dapat di akses pada fitur ‘Money Management’ pada bagian kanan atas jendela strategy editor platform Tradeworks, terlihat pada gambar berikut.

 

tradeworks-money-management-001

Tampilan Menu Money Management pada Dashboard Tradeworks

 

money-management-tradeworks-001

Tampilan Menu Money Management pada Dashboard Tradeworks

 

Ada tiga pengaturan yang diperlukan untuk mengelola risiko pada strategi trading yaitu:

  1. Pengaturan entry
  2. Pengaturan exit dan
  3. Manajemen strategi tambahan.

Dari ketiga pengaturan inilah jumlah keuntungan ataupun kerugian anda akan terealisasi.

 

1. Pengaturan Entry (Entry Setting)

Dalam pengaturan entry ini, dapat ditentukan jumlah lot yang akan ditransaksikan setiap ada sinyal baik untuk masuk posisi beli dan jual.

Pertimbangkan jumlah lot yang ditransaksikan dengan jumlah ekuiti yang dimiliki supaya tidak terjadi over-trading dan memiliki ketahanan dana yang cukup untuk menghadapi volatilitas pasar.

 

tradeworks-money-management-002

 

2. Pengaturan Exit (Exit Setting)

Di sini anda menentukan di level berapa dan kapan keluar posisi. Strategi trading tidak hanya ditentukan kapan harus masuk, tapi juga harus menentukan kapan harus keluar.

Oleh karena itu, strategi exit yang bagus akan turut menentukan keberhasilan dari suatu strategi trading. Ada beberapa fitur pengaturan exit yang bisa diubah-ubah:

 

A. Custom Exit dan Time to Close

Kondisi pasar bisa berubah setiap saat. Anda bisa menempatkan strategi khusus yang memberikan aturan untuk menutup semua posisi jika indikator teknikal menunjukkan sinyal tertentu.

Strategi ini sebagai backup dari strategi utama yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, risiko juga terkait dengan durasi posisi. Semakin lama posisi dipertahankan terbuka, maka semakin besar risiko yang diterima.

Untuk mengatur durasi kapan posisi terbuka ditutup (untung atau rugi), anda bisa menggunakan fitur Time to Close. Contohnya, anda bisa membatasi durasi posisi maksimal 600 menit setelah posisi dibuka.

 

B. Take Profit (TP) dan Stop Loss (SL)

Jumlah keuntungan yang diinginkan dari posisi tertentu akan selalu terkait dengan risiko. Semakin tinggi keuntungan yang dijanjikan oleh strategi tertentu, maka semakin tinggi pula potensi kerugian.

TP dan SL harus memiliki rasio yang baik, minimum 1 berbanding 1.

Jika strategi anda menawarkan potensi keuntungan. Katakanlah $1,000, maka potensi kerugiannya harus lebih rendah atau minimal sama sebesar $1,000.

Tapi TP/SL bisa diubah dan disesuaikan dengan volatilitas pasar saat itu supaya hasil transaksi bisa lebih optimal.

 

C. Trailing Stop

Metode lain untuk meminimalkan risiko adalah dengan menggunakan trailing stop.

Fitur strategi ini memberikan opsi kepada anda untuk membuat stop loss bergerak mengikuti harga ketika posisi transaksi mengalami keuntungan.

Hal ini biasanya ditujukan supaya keuntungan yang diraih oleh posisi yang terbuka tidak berubah menjadi kerugian begitu pasar bergerak berbalik arah.

 

3. Manajemen Strategi Tambahan (Strategy Management)

Strategi yang baik adalah strategi yang lengkap, namun hal itupun bukan jaminan.

Jika sesuatu di luar perkiraan terjadi dan strategi yang telah disusun tidak bekerja sesuai harapan maka pengelolaan risiko terhadap strategi ini pun diperlukan.

Terdapat beberapa poin risiko yang dapat dikelola melalui perilaku strategi trading:

 

tradeworks-money-management-003

 

A. Stop Loss Strategi Trading dan Maksimum Eksposur

Risiko yang muncul ketika strategi menghasilkan drawdown (penurunan modal) dengan jumlah yang melebihi toleransi.

Strategi tersebut harus dapat dihentikan secara otomatis, dan posisi terbuka juga harus dapat ditutup begitu strategi tersebut dinyatakan gagal.

Satu hal lagi dari sisi eksposur / risiko, ketika memiliki kinerja buruk dan kebutuhan marjin akan transaksi tidak lagi memadai.

Atau ketika marjin mengalami kenaikan, maka strategi tersebut harus dapat membatasi diri untuk menutup posisi yang terbuka atau tidak lagi mengambil posisi sampai kebutuhan margin tercukupi kembali.

 

B. Multiple Sinyal Masuk

Strategi trading akan mengambil posisi lebih dari satu jika kondisi entry terpenuhi oleh pasar berulang kali, dan untuk ini diperlukan pengaturan tersendiri.

Posisi akan ditambah atau sinyal akan diabaikan?

Bagaimana jika sinyal berlawanan muncul pada saat masih memiliki posisi terbuka?

Pengaturan kedua hal ini harus dapat dilakukan pada sebuah strategi.

 

C. Posisi Terbuka dan Maksimum Lot

Jika pengambilan posisi berdasarkan multi sinyal di atas diperbolehkan, maka strategi harus memiliki kemampuan untuk membatasi jumlahnya, agar tidak terjadi overtrade.

Beberapa jenis strategi yang jika tidak dibatasi dapat mengambil posisi berlebihan dan membahayakan keseluruhan modal anda dalam waktu yang sangat cepat.

Pengelolaan hal ini merupakan poin penting dalam manajemen risiko.

Trader harus bisa mengelola risiko dari strategi yang dibuat. Tradeworks membantu trader dalam mengatur risiko tersebut dengan fitur-fitur yang mudah digunakan.

Pengaturan risiko sangat menentukan keberhasilan dari suatu strategi. Kondisi pasar yang berbeda membutuhkan pengaturan risiko yang berbeda pula.

 

Masa Depan Dunia Keuangan dan Algo Trading

Teknologi keuangan berbasis Aplikasi seperti Tradeworks dapat membantu anda dalam bertransaksi secara efektif dan efisien. Tradeworks ditujukan bagi trader dan investor awam yang tidak memiliki skill pemrograman.

Dengan Tradeworks, anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman dalam menyusun sebuah strategi.

Dengan tampilan yang simpel, penyusunan strategi menjadi lebih mudah. Sistem akan bekerja secara otomatis berdasarkan perintah yang telah disusun di awal.

 

algo trading

 

Kami percaya bahwa penggunaan Algo Trading adalah masa depan di dunia keuangan. Algo Trading semakin banyak digunakan dan menunjukkan trend yang positif, digunakan trader dan investor untuk bertransaksi di pasar keuangan.

 

Apakah Anda Ingin Melihat Bagaimana Tradeworks Bekerja? Untuk Informasinya Klik Tautan Berikut Ini : 

Link : Klik Disini untuk Panduan Trading Tradeworks