Pada hari Kamis minggu lalu – 24 November 2016, tim panduan trading mendapat undangan untuk mengisi kelas trading di Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 70 mahasiswa tingkat akhir Sekolah Vokasi UGM.

Hal menarik dari pengalaman kami mengisi kelas trading ini adalah, tingginya antusias dari rekan-rekan mahasiswa.

Bahkan di Sekolah Vokasi UGM trading valuta asing sudah menjadi bagian dari mata kuliah yang diajarkan di kelas. Dan beberapa mahasiswa yang kami tanya sudah melakukan transaksi dengan menggunakan live account.

kelas trading ugm panduan trading 01

Acara awal diisi oleh Bapak Deni Permadi selaku pengamat ekonomi dan alumni S2 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, materi yang disampaikan mengenai pengantar perdagangan valuta asing dan komoditi serta tips bagaimana memilih broker yang tepat.

Setelah penjelasan oleh Bapak Deni, acara dilanjutkan dengan presentasi analisa teknikal oleh salah satu mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta.

Prediksi pergerakan harga dengan analisa teknikal oleh mahasiswa Sekolah Vokasi UGM ini cukup menarik untuk diikuti.

Salah satu materi presentasi yang disampaikan adalah penggunaan tool analisa teknikal klasik yang cukup dikenal di kalangan trader, yaitu Fibonacci Retracement.

Ternyata rekan-rekan mahasiswa sudah cukup mengerti tentang dasar-dasar penggunaan tools analisa teknikal untuk memprediksi arah pergerakan harga valuta asing dan komoditi.

kelas trading ugm panduan trading 10

Kami cukup terkejut ketika menyimak presentasi dari rekan-rekan mahasiswa, wawasan dan pemahaman mereka mengenai perdagangan valuta asing dan komoditi ternyata cukup luas dan mendalam.

Beberapa peserta kelas trading memiliki basic skill trading yang cukup mumpuni. Kemudian acara dilanjutkan oleh saya sendiri RM Yusak Chandra sebagai Senior Trading Mentor.

kelas trading ugm panduan trading 05

kelas trading ugm panduan trading 07

kelas trading ugm panduan trading 04

Pada kesempatan tersebut saya ingin menyampaikan tentang bagaimana memanfaatkan peluang dengan menggunakan trading tools Autochartist, Tradeworks dan MQL5 yang dapat diterapkan pada perdagangan valuta asing dan komoditi.

Trading tools dapat menjadi senjata ampuh apabila kita dapat menggunakannya dengan tepat. Penggunaan trading tools untuk memprediksi arah pergerakan harga memang masih awam di kalangan mahasiswa.

Trading tools dapat menjadi senjata yang dapat membantu kita untuk mencapai tujuan yang ingin kita raih apabila kita dapat menggunakannya dengan tepat.

Penjelasan pertama adalah Autochartist. Aplikasi Autochartist adalah tools atau alat yang akan melakukan analisa teknikal secara otomatis dengan mengidentifikasi chart pattern, key level, analisa volatilitas dan analisa dampak peristiwa (macro economic event).

Aplikasi Autochartist memiliki tingkat akurasi prediksi yang bisa dikatakan tinggi, tingkat akurasi Autochartist dalam mengidentifikasi pattern bahkan bisa mencapai 90%.

Pemanfaatan Trading Tools memang terdengar baru di kalangan mahasiswa, namun rekan-rekan mahasiswa cukup antusias mendengar penjelasan dari kami. Materi selanjutnya adalah mengenai otomatisasi trading.

kelas trading ugm panduan trading 06

Di Indonesia sendiri pemanfaatan otomatisasi trading memang tergolong masih sedikit terutama di kalangan Retail Trader, padahal perusahaan investasi keuangan seperti Investment Bank dan Hedge Fund sudah banyak menggunakan otomatisasi trading dalam pengelolaan dana mereka.

Untuk kalangan Retail Trader otomatisasi trading dapat dilakukan dengan memanfaatkan Aplikasi Tradeworks.

Tradeworks adalah aplikasi otomatisasi trading yang dapat digunakan oleh trader tanpa harus mengerti tentang pemrograman. Aplikasi Tradeworks tidak seperti Robot Expert Advisor yang hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki skill pemrograman dan penyusunannya cukup rumit untuk dipahami.

Dengan Tradeworks, anda dapat dengan mudah menyusun strategi trading sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan tidak memerlukan skill pemrograman.

kelas trading ugm panduan trading 08

Nah pada saat materi Tradeworks ini terlontar banyak pertanyaan mengenai penggunaannya.

Salah satu mahasiswa bahkan bertanya bagaimana strategi trading yang digunakan saat ini dapat diimplementasikan pada Tradeworks.

Aplikasi Tradeworks bekerja berdasarkan indikator teknikal, aplikasi akan menjalankan perintah sesuai dengan strategi awal yang telah kita susun.

Dengan menggunakan aplikasi ini trader dapat menjalankan strategi trading selama 24 jam atau hanya pada jam perdagangan (session) tertentu saja.

kelas trading ugm panduan trading 11

kelas trading ugm panduan trading 09

Overall, kami cukup puas saat menyampaikan materi kelas trading di Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Saya sendiri melihat perkembangan positif bisnis online trading di Indonesia terutama di kalangan mahasiswa.

Saat ini dunia trading tidak terbatas pada kalangan tertentu saja. Dengan pemahaman, edukasi yang tepat siapa saja dapat memulai usaha dan meraih peluang di perdagangan valuta asing dan komoditi.

Bagi anda yang masih awam dan tertarik untuk belajar atau ingin meningkatkan skill trading, anda dapat bergabung di kelas trading (free) yang rutin kami adakan di Yogyakarta. Anda dapat mengisi pada form registrasi dengan klik link berikut ini.


Kelas Online Trading 

Setiap hari Kamis dan Jumat, Panduan Trading mengadakan kelas (gratis) yang akan membahas penggunaan Autochartist dan Tradeworks untuk meningkatkan kinerja portfolio anda.

  • Bagi anda yang berada di Yogyakarta dapat mengikuti dengan mengisi form pendaftaran. Silahkan klik link pendaftaran dibawah ini.
  • Bagi yang di luar kota Yogyakarta anda dapat mengisi form pendaftaran dan kami akan mengirimkan materi berupa e book melalui email.

Pendaftaran klik disini: DAFTAR KELAS EDUKASI ONLINE TRADING

http://panduan-trading.wistia.com/medias/vwudu2izpt?embedType=async&videoFoam=true&videoWidth=640

 

Isi form pendaftaran dan kami akan menghubungi anda kembali untuk ketersediaan waktu dan tempat.

 

 

Author

Penulis adalah Senior Trading Mentor untuk Panduan Trading. RM Yusak Chandra (RMYC) adalah Certified Autochartist dan Tradeworks Trainer. Anda dapat mengikuti kelas trading yang akan dipandu langsung oleh RMYC.

1 Comment

  1. Selamat sore sy tinggal di Bali . Bgmn cara nya sy bs mengikuti seminar & training. Terima kasih.

    Suparman.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.