Market Execution adalah salah satu pilihan bagi trader yang mengutamakan kecepatan eksekusi. Saat ini trader dapat memilih jenis eksekusi sesuai kebutuhan, yaitu market execution dan instant execution. Setiap metode eksekusi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam artikel ini saya ingin mencoba menjelaskan secara singkat tentang perbedaan keduanya.

 

Market Execution:

Perintah untuk membeli atau menjual pada harga terbaik yang tersedia saat broker menerima permintaan. Perintah akan segera dieksekusi (tanpa requote atau penolakan) pada harga pasar terbaik, tetapi harga tidak dijamin sama dengan harga yang tertera pada layar terminal anda. Hal tersebut adalah sifat dari pasar, dimana harga bisa berubah lebih cepat dari perintah transaksi anda.

 

Instant Execution:

Perintah untuk eksekusi transaksi pada harga yang ditampilkan di terminal MT4 anda. Ketika anda melakukan eksekusi instan, terminal mengirimkan permintaan untuk membeli atau menjual pada harga yang ditampilkan di layar anda. Jika harga masih tersedia di pasar saat perintah diterima oleh broker, transaksi akan dieksekusi. Namun jika harga tidak tersedia, anda akan menerima konfirmasi ulang (requote) untuk eksekusi transaksi di harga baru.

 

Symbol XAUUSD.m dan XAUUSD.i

Ada penambahan suffix huruf dan m (market execution) dan i (instan execution) pada symbol untuk membedakan jenis akun Market Execution dan Instant Execution.

Jika memilih jenis account market execution, maka nasabah setuju menerima seluruh penawaran order berdasarkan harga yang saat ini berlaku di pasar tanpa penawaran ulang. Terkadang ada perbedaan harga pada saat nasabah mengklik kolom order dengan pergerakan harga di pasar yang lebih cepat, apalagi pada saat volatilitas pasar yang tinggi (biasanya pada saat rilis berita seperti Non Farm Payroll, keputusan tingkat suku bunga / interest rate dan lain-lain. Jeni account ini memberi kepastian dalam hal eksekusi harga secara cepat. Prinsip yang berlaku di market execution adalah tidak adanya keraguan nasabah untuk mauk ke pasar pada harga berapapun.

 

Contoh:

XAUUSD.m 1064.21 / 1064.24. Saat ini sedang terjadi pengumuman data Produk Domestik Bruto (GDP) Amerika Serikat. Anda kemudian melakukan SELL pada kotak order saat harga ada di 1068.59. Namun eksekusi bisa saja masuk di harga 1068.70 atau 1068.47. Jadi ada kemungkinan anda mendapatkan order di atas atau di bawah harga order.

Kelebihan lain dari market execution adalah fleksibilitas untuk menerapkan fitur Signal Trading, yaitu fasilitas terbaru dalam Metatrader untuk meniru transaksi trader kelas dunia yang memiliki rekam jejak terbaik. Metatrader menyediakan fasilitas ini karena perbedaan harga antar broker tidak menjadi masalah.

Pemilihan jenis account akan sangat ditentukan oleh skala prioritas masing-masing penggunanya.

Jika anda memprioritaskan kecepatan mengambil kesempatan, maka market execution adalah pilihan tepat bagi anda.

Tetapi jika harga yang tepatsangat penting untuk strategi anda, maka instant execution mungkin lebih cocok untuk anda.

Market Execution
  • Eksekusi order berdasarkan harga pasar
  • Tanpa requote
  • Fasilitas signal trading
  • Kepastian mendapatkan harga meski harga bergerak cepat
  • Dapat melaksanakan strategi yang membutuhkan kecepatan harga
Instant Execution
  • Eksekusi order berdasarkan nasabah
  • Requote apabila harga bergerak cepat
  • Tidak ada fasilitas Signal Trading
  • Terjadi penundaan apabila harga bergerak cepat
  • Keterbatasan penerapan strategi yang membutuhkan kecepatan harga.