Ketika anda sedang melihat layar monitor trading, anda tiba-tiba melihat harga bergerak cepat dan terjadi suatu gerakan yang besar. Anda lalu membatin, “Nah,..ini peluang” dan anda segera masuk posisi. Ketika anda klik, ternyata muncul informasi “requote” atau posisi masuk anda ditolak dan itu terjadi berkali-kali. Namun, setelah anda mencoba lagi, harga sudah berlari jauh dan anda ketinggalan kereta. Anda pasti kecewa bukan?

Market execution adalah eksekusi di harga pasar. Artinya, anda akan selalu mendapatkan harga ketika masuk posisi meskipun terjadi hectic (bergerak cepat) di pasar. Harga yang anda dapatkan bisa sesuai, lebih tinggi ataupun lebih rendah dari yang anda klik, sesuai dengan harga yang sedang bergerak di pasar. Pesan yang ingin disampaikan di market execution adalah: No Requote. Harga langsung tereksekusi di pasar.

 

market execution monex

 

Electronic Communication Network (ECN)

Karena di market execution, harga berdasarkan harga pasar maka anda mendapatkan harga seperti pada broker jenis Electronic Communication Network (ECN) atau jaringan komunikasi secara elektronik. Pihak-pihak yang terlibat bisa dari bank, lembaga keuangan, swasta, atau investor retail sehingga harganya yang terbentuk bukan dari pialang tapi dari pembentukan harga pasar. Dan harga pasar adalah harga transparan yang tidak bisa dikontrol atau diatur oleh pialang.

 

Ciri Pialang Dengan Market Execution
  1. Spread rendah. Karena ada supply dan demand di pasar seimbang, maka spread akan cenderung rendah atau murah. Maka tidak heran, di pasar, kita akan sering melihat spread mulai nol koma.
  2. Tidak ada batasan poin untuk stop dan limit order Trader dapat menempatkan stop dan limit order seminimal mungkin, selisih 1 poin dari harga running pun dapat dilakukan.
  3. Tidak ada jaminan harga untuk stop dan limit order. Karena harga bergerak berdasarkan tik harga yang terjadi di pasar maka harga limit dan stop order yang didapat bisa lebih rendah atau lebih tinggi.

Perbedaan antara Market Execution dan Instant Execution pernah dibahas dalam artikel sebelumnya “Perbedaan pada Market Execution dan Instant Execution” dan “Order Langsung Tereksekusi dengan Market Execution”

Break Event Point (BEP) Rendah

Salah satu problem yang sering menggangu trader adalah BEP. Dengan spread yang murah maka BEP jadi rendah dan biaya trading jadi lebih murah. Jika anda selama ini merasa eksekusi harga sulit karena sering terjadi requote, harga tidak transparan dan biaya trading besar, saatnya anda pindah ke pialang yang menggunakan market execution. Transaksi lebih cepat, murah dan harga transparan.